Contact Us

Name

Email *

Message *

Cara membuat Jejaring Sosial

Cara membuat Jejaring Sosial

Anda ingin membuat jejaring sosial tapi pengetahuan tentang web design, HTML, dan php sangat minim? Anda ingin seperti Mark Zuckerberg yang mempunyai uang banyak karena jejaring sosial Facebooknya terkenal seantero jagad raya maya? Waah sudah jangan banyak mengkhayal! Khayalan hanya membuat Anda tidak mau berfikir. Khayalan akan hanya membuat Anda malas bekerja.

Itu kata orang dulu. Sekarang? Tentu beda! Segalanya dapat kita lakukan asalkan ada usaha dan keterampilan. Seperti cara membuat "Facebook" versi Anda sendiri. Asal ada kemauan untuk membuat dan ada keterampilan memegang mouse serta keyboard (berkomputer, red) pasti Anda bisa membuat jejaring sosial online seperti Mark Zuckerberg itu!

Dan kabar baiknya, kini untuk membuat jejaring sosial seperti Facebook tidak usah membutuhkan kemampuan pemograman yang mahir. Cukup klak-klik saja selama kurang lebih 30 menit, "Facebook" Anda pun sudah jadi! Fitur-fiturnya pun hampir sama persis seperti Facebook. Bisa update status, upload foto/video, komentar status/foto/video teman, kirim antardinding, dan chatting. Nanti ketika JerSos (jejaring sosial, red) Anda sudah jadi, JerSos Anda dapat dijadikan sebagai web directory. Kenapa? Karena di sana terdapat fitur blog submitter. Jadi sekali Anda mensubmit alamat blog Anda ke dalamnya, maka selamanya postingan-postingan blog Anda akan terbagi secara otomatis ke dalam database JerSos itu. Asal Anda tahu saja, ketika pertama kali saya membuat JerSos versi saya, ranking Alexa langsung melejit menjadi 5000-an dan rank pencarian di Google pun semakin mantap.
Tetapi dibalik kelebihan-kelebihan itu ada kekurangan yang tersimpan. Yaitu, di belakang nama JerSos Anda terdapat embel-embel si web pembuat JerSos aslinya.
Cara membuat Jejaring Sosial
Cara membuat Jejaring Sosial
Emm penjelasannya segitu udah cukup kan? Ntar mulut saya berbusa lagi. Oke udah tertarik untuk membuatnya belum? Gak dibutuhin kepandaian dalam bahasa pemograman looh. (gila promosi abis!) Ya udah kita lompat gaya kodok ke paragraf selanjutnya.
Cara membuat Jejaring Sosial
Cara-cara membuatnya:
1. Klik di sini untuk menuju ke web pembuat JerSos gratisan,
2. Pada kolom Your Social Network Address isikan dengan alamat yang hendak Anda jadikan alamat JerSos Anda lalu klik Create Network,

3. Lalu pada halaman Basic Settings atau pengaturan dasar isikan kolom-kolom seperti contoh berikut:


* Site Title: Isikan dengan judul JerSos Anda.
* Site Tagline: Isikan dengan subjudul dari JerSos Anda.
* Site Tags: Isikan dengan kata kunci demi kepopularitasan di mata mesin pencari. Semakin banyak semakin baik tetapi jangan mengetikkan dengan kata kunci yang melenceng dari keterangan JerSos Anda karena akan dianggap sebagai spam.
* Site Description: Isikan dengan deskripsi atau gambaran dari JerSos yang akan dibuat.
* Membership: Pilih Free untuk membuat JerSos Anda bebas untuk menerima anggota. Sedangkan yang Moderated dan Invite only adalah apabila ada yang hendak bergabung ke dalam JerSos, si pendaftar akan meminta izin untuk bergabung dan Anda hanya mendapatkan anggota baru jika Anda mengundangnya untuk bergabung. Saya rekomendasikan untuk pilih yang Free.
* Privacy: Pilih Public dan konten-konten yang ada di dalam JerSos tersebut akan dapat terlihat oleh calon pengguna. Sedangkan Private adalah pilihan jika konten-konten yang ada di dalam JerSos bersifat rahasia dan tidak ingin disebarluaskan.
* Content Addition: Sama seperti Privacy.
* Languange: Pilih English.
Cara membuat Jejaring Sosial
4. Klik Continue,
5. Pada halaman template, pilih template sesuai keinginan Anda. Klik save kalau sudah memilih template,
6. Pada halaman Template Wizard bagian Body, atur background, jenis font, warna font dan link, dan letak background. Begitu juga pada bagian Group, Header Style, Operations Box, Navigation, Info Bar, dan Content atur sendiri sesuai keinginan Anda. Kalau sudah diatur klik Save And Continue,
7. Pada step ke-4, buat pertanyaan-pertanyaan yang menjadi syarat agar dapat bergabung dalam JerSos Anda. Pada Answer Type, tentukan macam jawaban dari pertanyaan di atas. Pilih One line answer untuk membuat jawaban menjadi satu baris jawaban. Pilih Longer Answer untuk jawaban yang kira-kira panjang seperti Anda menanyakan tentang data diri. Pilih Multiple Choices untuk jawaban yang lebih dari satu. Misal untuk menanyakan warna apa yang pendaftar sukai. Pilih Date untuk jawaban berupa tanggal/bulan/tahun lahir. Pilih Website Address untuk jawaban berupa alamat website pengguna. Untuk menambahkan pertanyaan, klik Add Question.
8. Sebelum melangkah ke step berikutnya, sebaiknya Anda login ke akun Facebook Anda terlebih dahulu untuk mengundang teman-teman agar bergabung di JerSos Anda,
9. Klik Continue. Lalu undang dua belas teman Facebook Anda dengan mengklik profil teman lalu klik Kirim Undangan ... (titik-titik adalah nama JerSos Anda),
10. Pada step ke-6, isikan dengan data profil Anda sebagai admin,
11. Klik Finish. Langkah terakhir Anda disarankan untuk melihat sekilas video tutorial. Dan klik Done.

Ya akhirnya selesai juga! Silahkan diutak-atik sendiri JerSosnya. Untuk tutorial-tutorial merombak tampilan dari JerSos mungkin akan saya bahas di kemudian hari. Daaah selamat menjadi admin!

Sumber : http://cilacaphacker.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-jejaring-sosial.html



Baca Juga



Back To Top