Contact Us

Name

Email *

Message *

Tingkatkan Penjualan Dengan Memanfaatkan Fitur QR Code dan Click & Collect di Blibli.com

Tingkatkan Penjualan Dengan Memanfaatkan Fitur QR Code dan Click & Collect di Blibli.com


Hai, apakah kamu seorang penjual dari sebuah marketplace ? kalau iya saya ada beberapa tips untuk anda agar anda bisa meninggkatkan penjualan di marketplace, khususnya Blibli.com. Kalau boleh jujur, saya sendiri bukan seorang penjual tetapi setelah melihat strategi yang diberi oleh Blibli.com, saya mulai tertarik untuk menggeluti bidang jual menjual ini. Karena saya rasa fitur yang disediakan oleh Blibli.com ini sangat efektif untuk meningkatkan pendapatan dari penjualan online.

Lantas apa itu strategi nya ? yak ia adalah QR Code dan Click & Collect, apa itu QR Code dan apa itu Click & Collect ? dan bagaimana cara menerapkan nya di Blibli.com ?

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah qr code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang

Dengan fitur QR Code ini merchant bisa membuat qr code toko dan setiap produk yang dijual. Dengan Fitur ini merchant dapat memaksimalkan penjualan toko offline dan online serta memberikan pengalaman belanja baru bagi konsumen.

Untuk mencoba berjualan dengan fitur qr code ini, kamu bisa mendaftarkan toko dan mulai berjualan online secara gratis di Blibli.com

Fitur baru lainnya yaitu Click & Collect, customer bisa memesan produk secara online, kemudian mengambil produknya secara offline di tokomu. Ini akan meningkatkan traffic ke toko dan kemungkinan customer membeli produk lain selain yang dipesan cukup besar.

Lebih rinci nya, click & collect adalah fitur belanja yang memberikan customer pengalaman belanja online dan offline sekaligus dengan cara ambil pesanan sendiri. Kamu dapat merasakan kemudahan belanja online di website/aplikasi Blibli.com (click), namun tanpa perlu menunggu kurir mengantarkan pesanan ke alamat tujuan, kamu dapat langsung ambil pesanan sendiri dengan mengunjungi toko pilihanmu (collect). Kamu dapat menentukan sendiri waktu dan lokasi pengambilan pesanan sesuai ketersediaan toko dan pilihanmu.

Jadi dengan adanya fitur click & collect kamu akan lebih menghemat waktu, Baik untuk penjual atau pembeli, karena dengan fitur click & collect penjual tidak perlu repot repot menghantarkan barang nya ke kurir jasa pengiriman dan pembeli pun tidak harus menunggu sang kurir, cukup datang ke toko di penjual dan lakukan click & collect untuk mengambil barang yang sudah dibeli secara online tadi.

Salah satu toko yang sudah menerapkan fitur click & collect adalah Alfamart, Alfamidi, Fujishop, telering, JOS!, Istana Kamera, Plaza Kamera, sentra digital, Atlantic Cellular dan masih banyak toko lainnya.


Diatas adalah cara mudah berbelanja dengan menggunakan fitur click & collect, Setelah pesanan kamu selesai dan pembayaran terverifikasi, kamu akan menerima email dengan kode settlement unik serta panduan pengambilan pesanan. kamu hanya perlu datang ke toko yang telah kamu pilih membawa email tersebut serta bukti identitas yang valid untuk mengambil pesanan dalam waktu 7 hari operasional toko.

Dan jangan lupa, setelah mengambil pesanan, selalu cek dan ricek barang yang sudah kita beli tadi, sebelum meninggalkan kan toko, Jika menemukan produk sudah kedaluwarsa, cacat, atau rusak mohon segera komunikasikan ke pihak toko dan mengganti dengan produk yang baru.
Baca Juga



Back To Top