Kemanakah Hasil Iklan Pada Laman Internet Positif Mengalir ?

Kemanakah Hasil Iklan Pada Laman Internet Positif Mengalir ?


Setiap kali pengguna mengakses suatu situs di internet yang ternyata kontennya terindikasi bermuatan pornografi, teroris, atau konten negatif lainnya yang dilarang di Indonesia, maka pengguna akan diarahkan ke halaman Internet Positif.

Kemkominfo sendiri sudah menanggapi isu tersebut. Plt Pusat Informasi dan Humas Kemkominfo, Noor Iza, berkata halaman Internet Positif yang dialami Lantip merupakan halaman peralihan dari masing-masing penyedia jasa Internet yang dipakai pengguna.

"Itu adalah landing page dari masing masing server ISP (internet service provider). Tidak ada landing yang ke server Kemkominfo, landing page ini merupakan area yang menjadi operasional dari ISP yang bersangkutan," ucap Noor Iza kepada kumparan.

Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semual A. Pangerapan juga angkat bicara, Semuel berkata laman Internet Positif yang dialihkan dari situs konten negatif menjadi kewajiban dan tanggung jawab penyedia layanan internet di Indonesia. Itu tertuang dalam Peraturan Menteri No. 19 Tahun 2014 yang saat ini tengah direvisi Kemkominfo.

"Saat ini kami sedang melakukan revisi Permen 19 Tahun 2014, mengenai tata kelola pemblokiran. Dalam revisi ISP diwajibkan menampilkan space landing page-nya untuk layanan publik," tulis Semmy dalam komentar kicauan Lantip.

Sebelum nya salah seorang dengan akun twitter mempertanyakan kemanakah mengalirnya dana dari hasil pemasangan iklan Adsense Google pada situs atau laman Internet Positif mengalis ?

"Dear @kemkominfo tiap kali laman diblokir, saya selalu dialihkan ke laman internetpositif. Di laman itu ada google ads, kemanakah uangnya mengalir? Apakah negara memang berkontribusi memperkaya satu orang dengan memaksa seluruh warga mengakses lamannya?" Jelasnya

"biar tambah ramai deh, perkiraan kasar penghasilan dari ads di sana mencapai 4000 dolar/hari. dan sumbangan terbesar trafik dari internetpositif dan mercusuar. begini ndakpapa kominfo? :D" tambahnya





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top