Contact Us

Name

Email *

Message *

Ini Alasan Kominfo & Operator Seluler Blokir Tumblr

Ini Alasan Kominfo & Operator Seluler Blokir Tumblr


Semenjak kemarin pagi, Selasa (6/3/2018), warganet Indonesia mengeluhkan bahwa salah satu situs microblogging populer, Tumblr, diblokir. Segala keluhan di tuangkan netizen di Twitter yang ditujukan untuk Kominfo dan semua operator seluler. Akhirnya salah satu admin media sosial Telkomsel di Twitter pun menanggapinya. Mereka menjelaskan bahwa pemblokiran ini diduga karena ada unsur atau konten negatif. Baik.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Seperti yang sudah dijelaskan oleh rekan kami sebelumnya bahwa pemblokiran suatu website dikarenakan adanya unsur atau konten negatif. Terima kasih. -Dika.”

Ternyata setelah ditelusuri, pemblokiran ini tidak terjadi kepada para pengguna Telkomsel saja. Melainkan, para penyedia jasa internet lain seperti Ooredoo, XL Axiata, Firstmedia, dan lainnya pun memblokir laman tersebut.

Mendengar banyak keluhan ini, tim Kemenkominfo pun memberikan tanggapannya. Melalui akun Twitter resmi mereka, @kemkominfo, mereka menjelaskan alasan dan kronologi pemblokiran Tumblr.

1. Tim Aduan Konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform Tumblr. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos Tumblr dot com dan aplikasinya.

2. Ditemukan pula bahwa T*mb*r tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila

3. Pada 28 Februari 2018, Tim Aduan Konten kemudian mengirimkan notifikasi melalui email kepada Tumblr dan meminta Tumblr untuk membersihkan platformnya dari konten-konten asusila, dengan batas waktu penanganan maksimum 2 x 24 Jam.

4. Sampai lewat batas waktu yang diberikan tersebut, tidak ada respon dari Tumblr, sehingga dilakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS Tumblr pada hari Senin 5 Maret 2018 sore.

Sekadar informasi, sebelumnya pada Februari 2016 lalu Kemenkominfo sudah memiliki rencana untuk memblokir Tumblr. Sayangnya, mereka batal melakukan pemblokiran tersebut, tanpa memberikan alasan apapun.
Baca Juga



Back To Top